63 Tahun Merah Putih Berkibar di Tanah Maluku

Image

Kamis (27/12), tepat 63 tahun sudah bendera merah putih berkibar di tanah Maluku. Hari Penaikan Bendera Merah Putih yang kita peringati setiap tanggal 27 Desember tersebt merupakan momentum sejarah yang tidak mungkin dilupakan setiap anak bangsa di daerah ini.

Setelah Proklamasi  Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945 dikumandangkan di Jakarta, maka tersebarlah berita itu ke seluruh pelo­sok nusantara, namun gema prokla­masi tidak segera dapat diketahui masyarakat di kepulauan Maluku karena selain letaknya yang jauh dari Jakarta, juga disebabkan adanya usaha dari pemerintah Jepang yang sengaja merahasian peristiwa tersebut kepada rakyat.

Seiring waktu, informasi tersebut akhirnya diketahui sehingga para pejuang mulai bergerak untuk mem­pertahankan kemerdekaan tersebut dari upaya penjajah yang masih berupaya kembali menjajah tanah Maluku.

Para pejuang kemudian menggelar rapat untuk menentukan melakukan pengibaran bendera merah putih. Semula penaikan bendera tersebut akan dilakukan di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, namun situasi dan kondisi saat itu tidak mengizinkan untuk bendera tersebut dinaikan. Akhirnya para pemuda dari Negeri Hitumessing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah akhirnya mengusulkan agar bendera tersebut dikibarkan di Negeri Hitumessing.

Setelah sepakat pengibaran ben­dera dilakukan di Negeri Hitumessing, maka Raja Negeri Hitumessing, Ibrahim Pellu saat itu tanpa memikirkan resiko langsung menuju Kota Ambon dengan berjalan kaki untuk membeli kain merah putih untuk selanjutnya dijahit guna dikibarkan pada tanggal 27 Desember 1949.

Bendera yang dijahit tangan oleh pejuang wanit yang juga istri Raja Negeri Hitumessing, bernama Jainab Pellu  tersebut berukuran 226 x 143 cm. Bendera tersebut akhirnya menjadi bendera merah putih pertama yang berkibar di tanah Maluku.

Bendera tersebut kini masih tersimpan dengan baik dalam sebuah peti kayu jati di Rumah Raja Hitume­ssing. Kini pada kedua ujung bendera merah putih tersebut terdapat sedikit sobekan karena termakan usia.

Bagi masyarakat Maluku, Hari Pengibaran Bendera Merah Putih yang diperingati setiap tanggal 27 Desem­ber merupakan momentum sejarah yang tidak mungkin kita lupakan karena pada  tanggal tersebut telah terjadi peristiwa heroic yang menya­tukan berbagai elemen masyarakat Maluku untuk bertempur mengusir kaum penjajah.

Masyarakat Maluku selalu mem­peringati momentum tersebut setiap tahunnya karena merupakan suatu wujud penghormatan dan peng­hargaan masyarakat Maluku atas perjuangan dan pengobarbanan para pahlawannya yang telah berjuang mempertahankan daerah Maluku sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Pengibaran Ben­dera Merah Putih ke-63 tahun 2012 ini yang berlangsung di halaman rumah Raja Negeri Hitumessing juga berlangsung meriah. Bertindak sebagai inspektur upacara Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Eko Wiratmoko.

Pangdam pada kesempatan terse­but mengatakan, sebagai generasi penerus bangsa yang ada di Maluku berkewajiban dan bertanggung jawab moral untuk senantiasa melestarikan nilai-nilai luhur yang dapat mem­berikan makna dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa yang ada di Maluku dengan mengisi kemerdekaan di daerah ini secara bersama-sama dengan kom­ponen bangsa lainnya guna mewu­judkan cita-cita nasional.

“Sudah menjadi kewajiban kita selaku generasi penerus bangsa untuk tetap melanjutkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa, khususnya yang ada di Maluku ini dalam menghadapi kondisi dan tantangan bangsa maupun kondisi global saat ini sehingga segenap komponen dan bangsa lainnya bersama TNI dan Polri harus terus berjuang untuk mencari solusi dalam mengatasi berbagai kesulitan dan masalah kebangsaan yang ada di Maluku ini,” katanya.

Hadir saat upacara tersebut Kapolda Maluku Brigjen Polisi Muktiono, Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Pattimura Kolonel Pnb T Sembiring Meliala, para perwira, bintara dan tamtama  TNI/Polri serta para veteran.

siwalimanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s