Bupati Buru: Tambang Emas Tidak Pengaruhi Sektor Pertanian

Bupati Buru Ramli Umasugy, mengatakan, tidak ada dampak dari aktifitas penambangan emas dibeberapa titik di Kabupaten Buru terhadap proses produksi pertanian, bahkan sebaliknya pertanian di bumi Bupolo ini mengalami peningkatan. Demikian disampaikan Umasugy dalam laporanya di Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang berlangsung di kantor Gubernur, kemarin.

” Tidak terjadi kelangkaan beras, justru pertanian kami terus bangkit, yang tadinya lahan pertanian padi satu hektar menghasilkan gabah kering 3-4 ton sampai sekarang sudah mengalami peningkatan, ” ujar Umasugi,

Menurutnya, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru mencoba untuk mengembangkan pengunaan pupuk organik dengan bibit hibrida. Mudah-mudahan hasil yang didapatkan akan lebih meningkat.

Kata Umasugi, keberadaan tambang emas memang cukup berdampak pada pengrusakan lingkungan secara besar-besar, seprti pengrusakan hutan, daerah aliran sungai yang tercemar. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Buru telah mengeluarkan larangan dan intruksi terhadap pengelolaan hasil tambang ilegal dibeberapa titik terutama di daerah pertanian.

Lanjut Umasugy, dampak yang juga dirasakan dari aktifitas penambangan ilegal ini, terjadinya inflasi yang cukup signifikan. Mulai dari harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sampai dengan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami lonjakan. Namun  kata Bupati, sampai saat ini Pemkab Buru telah mengambil langkah dengan membentuk tim penanganan khusus masalah BBM maupun masalah Sembako dengan melakukan operasi pasar.

moluken.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s