Penambang Emas Kembali Beroperasi

Meski telah ditutup sementara oleh pemerintah daerah, penambang tetap nekad beroperasi di kawasan tambang emas ilegal di Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru.

Penambang asal Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara yang enggan namanya dikorankan mengaku telah kembali melakukan aktivitas penambangan di Gunung Botak. “Bukan cuma saya, sudah banyak penambang menggali lubang di Gunung Botak lagi untuk mencari emas,” ungkapnya, Kamis (27/12).

Ia menuturkan sebelum menambang di Gunung Botak, pernah mencoba menambang di lokasi tambang emas Gogorea di Desa Savana, Kecamatan Waeapo, Buru. Namun, akses untuk masuk ke tambang itu sulit ketimbang di Gunung Botak. Untuk itu, ia memberanikan diri untuk kembali menambang di Gunung Botak.

Terkait aktivitas penambangan itu, Kepala Bagian Humas Kabupaten Buru, Istanto Setiyahadi menyatakan, aparat keamanan di lokasi tambang emas Gunung Botak telah kecolongan. Dan yang bertanggungjawab adalah anggota TNI/Polri yang ditugaskan di Gunung Botak.

“Aparat keamanan dari TNI/Polri yang ditugaskan kawasan tambang emas berfungsi untuk menjalankan amanat Pemprov Maluku dan Pemkab Buru untuk melarang setiap orang melakukan aktivitas menambang di lokasi tambang emas (Gunung Botak). Jika kenyataannya sudah ada aktivitas penambangan lagi, maka yang bertanggung jawab adalah mereka yang berjaga di lokasi itu,” tegasnya.

ambonekspress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s